Dibalik “Batik Goes to Sheffield, UK”

dila4

Siapa sangka di sebuah tempat yang jauh dari negerinya berasal, batik juga dihargai bahkan dikagumi layaknya mahakarya yang sangat indah? Ya, batik berhasil mencuri perhatian di Negara berlambang tiga singa yang tersohor dengan kompetisi sepakbolanya. Pada tanggal 2 Oktober 2014 “Batik Goes to Sheffield – UK” diselenggarakan di Heart Space 2nd Floor,  Sheffield Hallam University, Sheffield, UK.

dila2Selain tarian Jawa kontemporer  yang diperagakan Diajeng Dila ditampilkan juga fashion show batik dan lurik yang di bawakan oleh mahasiswa dari manca negara seperti Polandia, Jerman, Inggris, Nigeria, Vietnam dan India. Di acara tersebut juga disediakan berbagai makanan Indonesia, yaitu Nasi Kuning, Ayam Ungkep, Sambal Daging, Tempe Mendoan, Bakwan, Wedang Jahe, Pisang Goreng, Bubur Kacang Hijau, Sambal Goreng Terasi dan Urap.

Acara ini bermaksud untuk memperkenalkan Indonesia lebih dekat kepada warga dunia dan membawa atmosfer Indonesia di dalamnya dengan menyajikan berbagai acara dan makanan Indonesia. Di acara ini pun terdapat cultural and tourism stand yang dimaksudkan agar warga dunia bisa mencoba langsung alat musik tradisional yaitu angklung dan bertanya tanya tentang pariwisata Indonesia.

Selain itu terdapat pula stand photobooth yang dilengkapi dengan kemeja batik yang dimaksudkan untuk dikenakan oleh para pengunjung sehingga pengunjung bisa berpenampilan stylish dan sangat modern dengan batik. Dalam kesempatan ini para pengunjung terlihat sangat kagum dan memuji kebudayaan Indonesia.

Diajeng Dila merupakan salah satu inisiator berlangsungnya acara yang sangat meriah ini. Hal ini menunjukkan bahwa Paguyuban Dimas Diajeng Jogja tidak pernah mengajarkan mengumbar kesolekkan yang dimiliki. Tapi mengasah semua kemampuan yang ada untuk menunjukkan kecantikan identitas Jogjakarta yang istimewa.

dila3Dimas-Diajeng Kota Jogja selalu mengajarkan apa yang bisa kita berikan untuk negeri bukan apa yang bisa kita minta. Dengan selalu menunjukkan kecintaan pada negeri, kesempatan untuk melanjutkan sekolah lebih tinggi di Inggris pun datang secara tiba-tiba memanggil. Ilmu yang pernah didapatkan semua berguna. Akhirnya Paguyuban Dimas Diajeng Jogja, dengan diwakili salah seorang Diajeng Kota Jogja 2013, dapat menyelenggarakan sebuah acara Batik Goes to Sheffield, UK dengan sangat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons | Funny Sport Videos.