Sarasehan Budaya & Psikotest Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2015

2Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan untuk mengajak para kaum muda untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia pada umumnya dan di Yogyakarta pada khususnya. Tentu dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk generasi muda di dalamnya.

Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2015 merupakan salah satu cara untuk memberikan wadah gerakan generasi muda yang peduli akan Pariwisata dan Kebudayaan di Kota Yogyakarta sekaligus bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang meliputi Sawiji yang berarti konsentrasi tinggi atau penjiwaan total, Greget yang bermakna semangat tanpa bertindak kasar, Sengguh yang berarti penuh percaya diri namun rendah hati, dan Ora Mingkuh yang berarti pantang mundur dan disiplin diri. 6Dengan adanya dasar ini diharapkan bagi Dimas dan Diajeng terpilih nantinya akan menjadi icon Pariwisata dan Kebudayaan Yogyakarta yang dapat membawa nama baik Yogyakarta di tingkat Nasional maupun Internasional sehingga Kota Yogyakarta dapat dikenal secara luas.

Pada tanggal 22 maret 2015 ini, dilaksanakan tahap pertama proses seleksi Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2015.  Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan pidato dari Bapak Ir. Eko Suryo Maharsono, MM selaku Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Ibu Yetti Martanti, S. Sos, MM selaku Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, dilanjutkan dengan sarasehan. Sarasehan pertama bertemakan ‘Kebudayaan Jogja / Nilai Budaya Jogja’ yang disampaikan oleh KRT Jatiningrat atau yang lebih dikenal dengan Romo Tirun selaku tokoh budayawan. Setelah itu, sarasehan dilanjutkan kembali bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M dengan materi tentang ‘Pengembangan Kota Yogyakarta’. Sarasehan terakhir bertemakan ‘Wonderful Indonesia, Wonderful Yogyakarta’ bersama dengan Bapak Hairulla Gazali dan dalam agenda terakhir dilaksanakan psikotest.

5Dalam Pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja 2015 ini jumlah peserta pendaftar adalah 271 orang diantaranya 164 peserta pendaftar perempuan dan 107 peserta pendaftar laki-laki. Setelah proses pemilihan tahap 1 pada tanggal 22 Maret 2015 ini, akan dilakukan proses pemilihan dengan tes tertulis, audisi internal
dan focus group discussion pada tanggal 29 Maret 2015. Selanjutnya pada tanggal 5 April 2015 akan dilaksanakan sarasehan kembali dan juga pengumuman untuk 50 besar dan dari 50 besar tersebut, juri akan mewawancarai untuk memutuskan siapa yang berhak untuk dapat masuk menjadi 15 pasang finalis Dimas Diajeng Kota Jogja 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons | Funny Sport Videos.